Kamis, 15 Januari 2009

kadar kolesterol dalam darah

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kolesterol adalah lemak berwarna kekuningan dan berbentuk seperti lilin yang diproduksi oleh organ liver ( hati ) .

Keberadaan kolesterol dalam proses metabolisme secara menyeluruh didalam tubuh sangat dibutuhkan , diantaranya untuk membuat :

· Hormon seks ( yang sangat penting bagi perkembangan dan fungsi organ seksual),

· Hormon korteks adrenal ( penting untuk metabolisme ) ,

· Vitamin D ( penyerapan kalsium dalam tubuh ) , dan

· Garam empedu ( membantu usus menyerap lemak ) .

Namun demikian , keberadaan kolesterol yang terlalu tinggi dalam pembuluh darah akan menyebabkan bencana besar seperti penyumbatan pembuluh darah .

Apabila terjadi penyumbatan pada pembuluh darah jantung , maka akan menyebabkan gangguan jantung , dan jika terjadi pada pembuluh darah otak akan menyebabkan terjadinya stroke . Kolesterol diukur dalam milimol ( mmol ) per liter darah , yaitu jumlah molekul per liter plasma darah .

B. Tujuan

1. Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah

2. Untuk menetapkan diagnosis

BAB II

LANDASAN TEORI

A. KADAR KOLESTEROL DARAH

Kolesterol adalah komponen asam lemak yang terdapat dalam darah. Zat ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses-proses tertentu bagi kelangsungan hidup. Di antaranya untuk membentuk hormon, membentuk sel, dan merawat sel-sel saraf.

Tetapi, dalam jumlah berlebih kolesterol menjadi ancaman serius bagi tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian. Penyakit yang disebabkan kolesterol adalah aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), penyakit jantung koroner, stroke, tekanan darah tinggi, dan hiperkolesterolemia.

Kadar kolesterol dalam darah bisa diatasi dengan pengobatan secara tradisional dengan memakai aneka tumbuhan yang banyak hidup di Indonesia. Praktik ini sudah berlangsung dari generasi ke generasi.

Yang biasa dimanfaatkan untuk pengobatan kolesterol tinggi adalah daun jati belanda (Guazuma ulmifolia), kemuning (Murraya paniculata), dan tempuyung (Sonchus arvensis).

1. Cara mengevaluasi kadar kolesterol adalah sebagai berikut :

· Kurang dari 5 mmol : Normal .

· 6 s/d 7 mmol : Sedang .

· 7 s/d 9 mmol : Cukup Tinggi .

· Lebih dari 9 mmol : Sangat Tinggi .

2. Faktor Resiko / Penyebab Kelebihan Kolesterol :

· Gaya hidup tidak sehat dimana pola makan tinggi kalori dan lemak serta kurang olah raga . Peningkatan kadar kolesterol dan lemak seringkali disebabkan oleh konsumsi lemak berlebihan dalam susunan menu kita , seperti daging , minyak goreng , keju , jeroan , dll.

· Merokok dan minum alkohol .

· Kegemukan .

3. Komplikasi Kolesterol :

· Penyakit Jantung .

· Stroke .

· Hipertensi .

· Hiperlipi demia ( trigliserid tinggi ) .

4. Menurunnya kadar Kolesterol Jahat ( LDL , Low Density Lipoproteins ) :

· Menurunkan risiko terbentuknya plak dalam pembuluh darah ;

· Mengurangi plak yang ada dalam pembuluh darah ;

· Mencegah penyumbatan pembuluh darah ;

· Menurunkan risiko penyakit jantung ;

· Menurunkan risiko stroke .

5. Pencegahan :

· Menjaga berat badan agar tidak overweight ;

· Olah raga secara rutin ;

· Menjaga pola makan sehat ;

· Menghindari atau berhenti dari kebiasaan buruk seperti : merokok

· Konsumsi suplemen tambahan

6. 3 Jenis lemak yang terdapat di dalam makanan :

· Saturated , lemak yang harus dihindari, terdapat pada kuning telur , jerohan dan otak sapi.

· Monounsaturated , lemak jenis ini dapat dikonsumsi dalam jumlah terbatas, terdapat pada udang dan kepiting .

· Poliunsaturated , lemak jenis ini yang sebaiknya banyak dikonsumsi karena dapat meningkatkan HDL ( High Density Lipoproteins ) kolesterol dan menurunkan LDL ( Low Density Lipoproteins ) , terdapat pada ikan laut seperti : Salmon , Tuna , dan Tenggiri yang mengandung Omega 3 .

B. HIPERLIPIDEMIA

Hiperlipidemia adalah tingginya kadar lemak (kolesterol, trigliserida maupun keduanya) dalam darah. Lemak (disebut juga lipid) adalah zat yang kaya energi, yang berfungsi sebagai sumber energi utama untuk proses metabolisme tubuh. Lemak diperoleh dari makanan atau dibentuk di dalam tubuh, terutama di hati dan bisa disimpan di dalam sel-sel lemak untuk digunakan di kemudian hari. Sel-sel lemak juga melindungi tubuh dari dingin dan membantu melindungi tubuh terhadap cedera. Lemak merupakan komponen penting dari selaput sel, selubung saraf yang membungkus sel-sel saraf serta empedu.

2 lemak utama dalam darah adalah kolesterol dan trigliserida. Lemak mengikat dirinya pada protein tertentu sehingga bisa mengikuti aliran darah; gabungan antara lemak dan protein ini disebut lipoprotein.

Lipoprotein yang utama adalah:

- Kilomikron

- VLDL (very low density lipoproteins)

- LDL (low density lipoproteins)

- HDL (high density lipoproteins)

Setiap jenis lipoprotein memiliki fungsi yang berbeda dan dipecah serta dibuang dengan cara yang sedikit berbeda. Misalnya, kilomikron berasal dari usus dan membawa lemak jenis tertentu yang telah dicerna dari usus ke dalam aliran darah. Serangkaian enzim kemudian mengambil lemak dari kilomikron yang digunakan sebagai energi atau untuk disimpan di dalam sel-sel lemak. Pada akhirnya, kilomikron yang tersisa (yang lemaknya telah diambil) dibuang dari aliran darah oleh hati.

Tubuh mengatur kadar lipoprotein melalui beberapa cara:

1. Mengurangi pembentukan lipoprotein dan mengurangi jumlah lipoprotein yang masuk ke dalam darah

2. Meningkatkan atau menurunkan kecepatan pembuangan lipoprotein dari dalam darah.

Kadar lemak yang abnormal dalam sirkulasi darah (terutama kolesterol) bisa menyebabkan masalah jangka panjang. Resiko terjadinya aterosklerosis dan penyakit arteri koroner atau penyakit arteri karotis meningkat pada seseorang yang memiliki kadar kolesterol total yang tinggi.

Kadar kolesterol rendah biasanya lebih baik dibandingkan dengan kadar kolesterol yang tinggi, tetapi kadar yang terlalu rendah juga tidak baik.

Kadar kolesterol total yang ideal adalah 140-200 mg/dL atau kurang. Jika kadar kolesterol total mendekati 300 mg/dL, maka resiko terjadinya serangan jantung adalah lebih dari 2 kali.

C. HIPERKOLESTEROLEMIA

Hiperkolesterolemia terjadi akibat adanya akumulasi kolesterol dan lipid pada dinding pembuluh darah. Kolesterol merupakan molekul yang berperan sangat penting dalam sintesis membran sel, prekusor sintesis hormon steroid, hormon korteks adrenal, sintesis asam- asam empedu dan vitamin D. Kolesterol terdiri atas high density cholesterol (HDL), low density cholesterol (LDL) dan trigliserida. HDL berperan dalam membawa kolesterol dari aliran darah ke hati. LDL berperan dalam membawa kolesterol kembali ke aliran darah. Kolesterol yang terdapat dalam tubuh dapat berasal dari makanan (eksogen) atau disintesis oleh tubuh (endogen). Hiperkolesterolemia disebabkan kadar kolesterol melebihi 239 mg/mL dalam darah. Untuk menanggulangi hiperkolesterolemia dapat digunakan agen inhibitor HMG-KoA (3-hidroksi-3-metilglutaril Koenzim A), misalnya lovastatin (Cuchel et al, 1997).

1. Lovastatin
Lovasatin termasuk kelompok obat statin. Biosintesis lovastatin berasal dari dua buah rantai poliketida yang dihubungkan dengan ikatan ester. Lovastatin sebagai agen anti hiperkolesterolemia ditemukan pertama kali oleh Cimerman, et al pada tahun 1973. Lovastatin mampu menurunkan kadar serum kolesterol, LDL, trigliserol dan VLDL dalam darah. Selain sebagai agen hiperkolesterolemia, lovastatin berpotensi sebagai inhibitor MAP kinase dan pengaktif p21 ras (Cuchel et al, 1997).Lovastatin merupakan senyawa inhibitor HMG-KoA reduktase yang dapat menurunkan kadar kolesterol plasma darah dan dapat menjaga tekanan darah dalam ambang normal. Lovastatin yang juga dikenal dengan nama mevinolin merupakan senyawa metabolit sekunder yang dihasilkan melalui jalur poliketida dan merupakan turunan dari asetat (Hendrickson et al, 1999).

2. Mekanisme Pengobatan Hiperkolesterolemia dengan Lovastatin

Mekanisme pengobatan hiperkolesterolemia dapat dilakukan dengan menghambat pembentukan kolesterol oleh lovastatin. Biosintesis kolesterol secara endogen di mulai dengan perpindahan asetil-KoA dari mitokondria ke sitosol, khususnya di peroksisom. Terdapat lima tahapan utama dalam biosintesis kolesterol yaitu (1) konversi asetil-KoA menjadi 3-hidroksi-3-metilglutaril-KoA (HMG KoA), (2) konversi HMG KoA menjadi mevalonat, (3) konversi mevalonat menjadi suatu molekul isopren yaitu isopentil pirofosfat (IPP) bersamaan dengan hilangnya CO2, (4) konversi IPP menjadi squalene dan (5) konversi squalene menjadi kolesterol.

Dalam biosintesis kolesterol dilibatkan sebanyak sebelas macam enzim yaitu asetoasetil-KoA thiolase, HMG KoA sintase, HMG KoA reduktase, mevalonat kinase, fosfomevalonat kinase, mevalonat pirofosfat dekarboksilase, isopentenil-pirofosfat isomerase (IPP isomerase), farnesil-pirofosfat transferase (FPP transferase), squalene sintase, squalene monooksigenase dan squalene epoksidase. Biosintesis kolesterol terjadi di 25 % di organ hati dan 10% di usus.

Prinsip kerja lovastatin terhadap HMG KoA reduktase sama dengan prinsip kerja inhibitor kompetitif enzim. Mekanisme penghambatan pembentukan kolesterol oleh lovastatin terjadi pada salah satu komponen dari struktur lovastatin yang analog dengan HMG KoA yang akan diubah menjadi asam mevalonat dengan bantuan enzim HMG-KoA reduktase sehingga lovastatin dapat berkompetisi dengan HMG-KoA untuk berikatan dengan enzim HMG-KoA reduktase. HMG KoA reduktase dilambangkan sebagai enzim utama, lovastatin sebagai inhibitor kompetitif dan HMG KoA sebagai substrat. HMG KoA reduktase adalah enzim utama yang mendukung sintesis kolesterol di hati dengan cara berikatan dengan mengubah HMG KoA menjadi mevalonat. Ketika lovastatin hadir dalam bentuk asam hidroksi terbuka dengan konsentrasi lebih dari konsentrasi substrat (HMG KoA) maka HMG KoA reduktase akan lebih cenderung berikatan dengan lovasatin sehingga jumlah dan frekuensi sintesis kolesterol tereduksi.

Tidak semua kolesterol meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung. Kolesterol yang dibawa oleh LDL (disebut juga kolesterol jahat) menyebabkan meningkatnya resiko; kolesterol yang dibawa oleh HDL (disebut juga kolesterol baik) menyebabkan menurunnya resiko dan menguntungkan. Idealnya, kadar kolesterol LDL tidak boleh lebih dari 130 mg/dL dan kadar kolesterol HDL tidak boleh kurang dari 40 mg/dL.

Kadar HDL harus meliputi lebih dari 25% dari kadar kolesterol total. Sebagai faktor resiko dari penyakit jantung atau stroke, kadar kolesterol total tidak terlalu penting dibandingkan dengan perbandingan kolesterol total dengan kolesterol HDL atau perbandingan kolesterol LDL dengan kolesterol HDL.

Apakah kadar trigliserida yang tinggi meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung atau stroke, masih belum jelas. Kadar trigliserida darah diatas 250 mg/dL dianggap abnormal, tetapi kadar yang tinggi ini tidak selalu meningkatkan resiko terjadinya aterosklerosis maupun penyakit arteri koroner. Kadar trigliserid yang sangat tinggi (sampai lebih dari 800 mg/dL) bisa menyebabkan pankreatitis.


3. Penyebab tingginya kadar lemak

Biasanya kadar lemak yang tinggi tidak menimbulkan gejala. Kadang-kadang, jika kadarnya sangat tinggi, endapan lemak akan membentuk suatu pertumbuhan yang disebut xantoma di dalam tendo (urat daging) dan di dalam kulit. Kadar trigliserida yang sangat tinggi (sampai 800 mg/dL atau lebih) bisa menyebabkan pembesaran hati dan limpa dan gejala-gejala dari pankreatitis (misalnya nyeri perut yang hebat).

4. Diagnosa

Dilakukan pemeriksaan darah untuk mengukur kadar kolesterol total. Untuk mengukur kadar kolesterol LDL, HDL dan trigliserida, sebaiknya penderita berpuasa dulu minimal selama 12 jam.

Kadar lemak darah

5. Pengobatan

Diet rendah kolesterol dan rendah lemak jenuh akan mengurangi kadar LDL. Olah raga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan menambah kadar kolesterol HDL. Biasanya pengobatan terbaik untuk orang-orang yang memiliki kadar kolesterol atau trigliserida tinggi adalah:

· Menurunkan berat badan jika mereka mengalami kelebihan berat badan

· Berhenti merokok

· Mengurangi jumlah lemak dan kolesterol dalam makanannya

· Menambah porsi olah raga

· Mengkonsumsi obat penurun kadar lemak (jika diperlukan).

Jika kadar lemak darah sangat tinggi atau tidak memberikan respon terhadap tindakan diatas, maka dicari penyebabnya yang spesifik dengan melakukan pemeriksaan darah khusus sehingga bisa diberikan pengobatan yang khusus.

Obat-obat yang digunakan untuk menurunkan kadar lemak darah

BAB III

METODELOGI PRAKTIKUM TRIGLISERIDA

A. Alat dan Bahan

1. Bahan darah vena manusia

2. Lanset steril

3. Kapas alcohol 70%

4. Spektro klinikal varta 506

5. Tabung reaksi

6. Zentrifugen mikro, Tabung evendrope, Forniquet

B. Prosedur Kerja

Pengambilan darah

b. Forniquet (alat pengikat) diikatkan dilengan

c. Jika pembuluh darahnya belum kelihatan, maka lengannya dipukul-pukul dan dengan kondisi tangan mengepal

d. Poleskan alcohol ke tangan yang ingin diambil drahnya

e. Jempol kiri menekan di bawah vena yang ingin diambil darahnya agar venanya tidak pindah-pindah

f. Setelah itu letakan jarum suntik diatas lengan/vena

g. Pindahkan jempol kiri ke atas spluit/jarum suntik, jangan sampai menutupi ujung spuit gar darah yang masuk ke dalam spluit dapat terlihat

h. Ambil darah sampai volume 1 ml

i. Lepaskan forniquet, Ambil kapas yang sudah diberi alcohol letakan ditangan/vena yang diambil darahnya

j. Masukan darah kedalam tabung evendrope

k. Setelah itu masukan ke dalam alat disentrifuge selama 15 menit dengan kecepatan 4500 rpm

Pengaturan sentrifuge

- Pasang stop kontak

- Kemudian buka sentrifigus

- Letakan sampel pada posisi seimbang

- Lalu tutup

- Atur waktu 15 menit, atur rpm dengan cara 15 menit yang tertulis pada alat x 1000 u/min = 15000, jika 4500 rpm maka

4500/15000 x 100% = 33%

- Putar rpm 33% secara bertahap

l. Setelah itu ambil serum darah (lapisan atas) dengan menggunakan alat mikropipet sebanyak 10 l, masukan kedalam tabung reaksi lalu tambahkan reagen

m. Lalu vortex serum tersebut agar tercampur.

n. Lalu ukur dengan alat spektroklinikal varta 506,

§ Atur alat ke nol dalam reagen blanko

§ Masukan ke dalam kuvet

Blanko reagen

Standar

Sample

Reagen (µl)

Kaliblator (µl)

-

-

Sample (µl)

-

-

§ Campurkan dan inkubasi selama 20 menit pada suhu kamar (20 – 25 OC)

§ Baca serapan sample langsung didapatkan hasil tanpa perhitungan.

BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN

A. Hasil Praktikum Penetapan Kadar Kolesterol Darah

* Sample darah Catur kadar kolesterol darah = 259,0 mg/dl

B. Pembahasan

Pada praktikum kali ini didapatkan kadar trigliserida darah sukarelawan lebih dari normal atau hiperkolesterolimia (kadar kolesterol meningkat) yaitu sebesar : 259,0 mg/dl

Standar kolesterol : 200 mg/dl

Kolesterol normal : <160>

Hasil tidak normal dimungkinkan beberapa factor diantaranya

  • Karena pipet yang digunakan tidak valid
  • Pada pemeriksaan trigliserida pasien tidak puasa sehingga kadar trigliseridanya tinggi
  • Suhu penyimpanan tidak pada suhu 15 -25OC

1 komentar: